Jumat, 27 April 2012

PENELITIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TENTANG KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV SDN 2 KARANGBENDO


PENELITIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TENTANG KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV SDN 2 KARANGBENDO
KECAMATAN ROGOJAMPI  KABUPATEN BANYUWANGI
TAHUN PELAJARAN 2009/2010 
PENELITIAN TINDAKAN KELAS



 ABSTRAKSI 
Bambang Murtyanto. 2010. Peningaktan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Tentang Koperasi Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas IV SDN 2 Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.

Kata  kunci: Hasil Belajar, Teori Belajar Piaget, Demonstrasi
Kondisi SDN 2 Karangbendo kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi dalam menyajikan pelajaran menemui kendala dalam upaya meningkatkan kreasi dan minat siswa dalam mata pelajaran IPS belum dicapai maksimal. Dari hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas IV untuk pokok bahasan “Mengenal Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan cara meningkatkan pemahaman siswa pada materi Mengenal Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat mata pelajaran IPS kelas IV SDN 2 Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi (2) Mendeskripsikan Metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa materi Mengenal Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat mata pelajaran IPS kelas IV SDN 2 Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.
Subjek penelitian dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD 2 Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2009/2010. Jumlah subjek sebanyak 26 yang terdiri dari 10 laki-laki dan 16 perempuan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi teknis. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa penggunaan metode diskusi mampu meningkatkan penguasaan siswa tentang mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Karangbendo kecamatan Rogojampi kabupaten Banyuwangi. Nilai tertinggi yang dicapai siswa mencapai 100 dan nilai rata-rata kelas adalah 75,38. Penggunaan metode diskusi pada materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas IV SDN 2 Karangbendo kecamatan rogojampi kabupaten Banyuwangi. Dari 26 orang siswa, terdapat 92,3% siswa mendapat nilai ≥ 65 sebagai batas minimal ketuntasan belajar.
Pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi di kelas IV SDN 2 Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi perlu dikembangkan untuk menarik minat siswa terhadap pembelajaran itu sendiri, hal inid apat dilihat dari respon siswa yang positif pada pembelajaran tersebut.
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Berpedoman pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional terutama pada tujuan Pendidikan Nasional yaitu untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, beriman, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Depdiknas, 2003).
Untuk mencapai tujuan tersefbut maka dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran dan juga peningkatan mutu pendidikan perlu dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan, hal ini sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi. Untuk itu perlu dilakukan interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran secara luas dan efektif.
Kondisi SD Negeri 2 Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi dalam menyajikan pelajaran menemui beberapa kendala dalam upaya meningkatkan kreasi dan minat siswa dalam mata pelajaran IPS belum dapat maksimal. Dari hasil tes akhir yang dicapai siswa kelas IV untuk pokok bahasan “Mengenal Pentingnya Koperasi dalam Meningkatakan Kesejahteraan Masyarakat” masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan. Dari 26 siwa, nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah 80 (1 siswa), terendah adalah 30 (5 siswa), dan siswa yang mencapai nilai akhir ≥ 65 berjumlah 15 orang siwa (57,7 %). Ini berarti bahwa hasil tes akhir dapat dikatakan belum tuntas, karena hasil tes akhir5 menunjukkan hanya 42,3 % atau 11 siswa yang memperoleh nilai ≥ 65, sedangkan batas ketuntasan belajar yang ditetapkan adalah jika di kelas tersebut telah terdapat lebih dari 80 % siswa yang memperoleh nilai ≥ 65. Dengan dmeikiqan, pada pembelajaran ini untuk meningkatkan penguasan iswa, diperlukan dukungan metode pembelajaran yang tepat.
Berdasarkan analisis yang dilakukan penulis dibantu teman sejawat guru, sejumlah faktor yang diduga sebagai faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa tentang Mengenal Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat antara lain adalah  :
1.         Guru kurang memberikan dan menarik perhatian kepada siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
2.         Guru kurang banyak memberikan latihan soal-soal dan kurangnya perhatyian terhadap siswa sehingga cepat bosan dalam mengikuti proses belajar mengajar.
3.         Penggunaan metode pembelajaran kurang maksimal sehingga tidak dapat membantu pemahaman siswa tentang Mengenal Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahateraan Masyarakat, sehingga siswa menjadi kurang aktif dan kurang menguasai materi.
4.         Mata pelajaran IPS oleh siswa dipandang sebagai mata pelajaran yang agak sulit, karena banyak hafalan.
Dari hasil refleksi awal terhadap masalah di atas, peneliti sebagai guru kelas IV bersama teman sejawat guru sepakat bahwa untuk meningkatkan kemampuan dan pengausaan siswa tehadap materi Mengenal Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, diperlukan pendekaatan pembelajaran yang sesuai.
Diskusi kelompok adalah salah satu metode yang dipandang dapat memberikan pengalaman belajar yang berkenaan dengan objek yang dipelajari. Dengan perkataan lain, salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah dengan pemanfaatan menggunakan metode diskusi. Hal ini diyakini dapat membantu proses belajar mengajar di SDN 2 Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi khususnya mata pelajaran IPS.
Alasan lain penggunaan metode diskusi yang tepat dapat mempetinggi proses dan hasil pengajaran siswa karena taraf berfikir manusia mengikuti tahap perkembangan dimulai dari berfikir sederhana ke komplek begitu besar manfaat metode diskusi sehingga sangat disayangkan apabila suatu lembaga pendidikan yang telah memiliki media pengajaran namun guru belum memanfaatkannya, apalagi mata pelajaran IPS banyak memerlukan metode agar mampu memberi kemudahan siswa mencapai tujuan. Oleh karena itu peneliti menulis judul “Peningkatan Hasil Belajar tentang Koperasi Mata Pelajaran IPS dengan menggunakan metode diskusi kelompok siswa kelas IV SDN 2 Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, masalah penelitian adalah :
1.      Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat mata pelajaran IPS kelas IV SDN 2 Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi ?
2.      Bagaimana penggunaa Metode Diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa materi Mengenal Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat mata pelajaran IPS kelas IV SDN 2 Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi ?
1.3  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk :
1.      Mendeskripsikan cara meningkatkan pemahaman siswa pada materi Mengenal Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat mata pelajaran IPS kelas IV SDN 2 Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.
2.      Mendeskripsikan Metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat mata pelajaran IPS kelas IV SDN 2 Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.
1.4  Manfaat Penelitian
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.    Bagi Peneliti
Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat membantu peneliti dalam mengatasi sifat pasif siswa dan sebagai alternatif dalam memilih media belajar yang lebih menarik, dan menentukan strategi pembelajaran yang efektif dan kondusif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
2.    Bagi Institusi / Sekolah
Bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa dan memberikan masukan bagi pengembangan pembelajaran IPS.
3.    Bagi Siswa
Bagi siswa, hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat yang positif khususnya peningkatan motivasi belajar siswa serta dapat dijadikan umpan balik keberhasilan belajar siswa.
4.    Bagi Dunia Pendidikan
Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, dan menerapkan alat peraga (Metode diskusi) sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran IPS.
1.5  Ruang Lingkup Penelitian
Dalam penelitian ini penulis menentukan ruang lingkup penelitian, hal ini dimaksudkan agar penelitian ini lebih menjamin objektifitas baik batasan mengenai materi maupun batasan-batasan mengenai objek penelitiannya, ruang lingkup penelitian :
1.    Ruang lingkup materi
a.       Peningkatan Hasil Belajar tentang Koperasi Mata Pelajaran IPS denan mengunakan metode diskusi kelompok siswa Kelas IV SDN 2 Rogojampi Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.
b.      Menggunakan metode diskusi kelompok yang mau diteliti adalah Mata Pelajaran IPS materi Koperasi.
2.    Ruang lingkup penelitian
Adapun ruang lingkup penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.
1.6  Definisi Operasional
Dalam penelitian ini digunakan seperangkat istilah yang mengoperasionalkan rumusan masalah yang telah ditetapkan, dimana untuk menghindari terjadinya perbedaan persepsi tentang istilah yang dipakai (terdapat) dalam penelitian ini. Adapaun istilah yang dimaksud dapat diuraikan sebagai berikut :
1.    Peningkatan adalah proses menjadikan sesuatu menjadi lebih baik dari sebelumnya.
2.    Prestasi adalah hasil tes akhir setelah tindakan dilaksanakan.
3.    Siswa dalam penelitian ini adalah murid kelas IV SDN 2 Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.
4.    Metode diskusi kelompok adalah percakapan ilmiah yang responsif  berisikan pertukaran pendapat yang dijalin dengan pertanyaan-pertanyan problematis pemunculan ide-ide ataupun pendapat dilakukan oleh beberapa orang yang tergabung dalam kelompok itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar